RajaKomen

Ini Dia Jenis Investasi Populer di Indonesia Saat ini, Apa Saja itu? Yuk Simak Agar Tidak Salah Pilih

14 Agu 2022  |  136x | Ditulis oleh : Admin
PFI Mega Life

Mungkin sampai saat ini sebagian besar masyarakat masih menganggap bahwa investasi bukanlah sebuah bisnis menjanjikan yang bisa memperbaiki masalah finansial Anda. Namun bagi mereka yang sudah benar-benar mengetahui tentang apa itu investasi dan Jenis Investasi, biasanya akan sangat tertarik untuk melakukan investasi dan menanamkan modal mereka. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui berbagai macam informasi tentang semua hal yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi lebih tahu dan mengenal lebih jauh baik termasuk juga dalam berinvestasi.

Jika sudah memahami dan banyak mengetahui tentang apa itu asuransi dan manfaat yang bisa diberikan, tentunya Anda akan mulai tertarik dan menggunakan investasi untuk melindungi serta meningkatkan aset kekayaan yang Anda miliki saat ini. 

Namun tidak semua masyarakat bisa langsung memahami pentingnya berinvestasi demi masa depan yang lebih baik, padahal seiring berjalannya waktu investasi saat ini sudah mengalami banyak perubahan dan jauh lebih bisa memahami para investornya. Selama ini anggapan masyarakat kita adalah investasi hanya diperuntukan bagi mereka orang-orang berduit saja, padahal tidak semua investasi seperti pemahaman mereka. Karena saat ini investasi justru bisa dilakukan oleh siapa saja dan bahkan bisa dilakukan kapan saja tanpa harus mengganggu aktivitas harian atau pun pekerjaan Anda.

Untuk lebih memahami dan tahu apa saja jenis investasi saat ini dan bisa menjadi salah satu pilihan investasi terbaik Anda. Sebaiknya simak beberapa penjelasan tentang jenis-jenis investasi populer yang ada di Indonesia berikut ini:

Jenis Investasi

Investasi sendiri dibagi menjadi dua yaitu jenis investasi jangka pendek dan jenis investasi jangka panjang 

Investasi Jangka Pendek

Investasi ini memiliki periode yang terbilang cukup pendek dan hasil yang didapat bisa dilihat setelah enak sampai dua belas bulan. Jenis investasi ini cenderung memiliki hasil yang relatif rendah. Instrumen investasi jenis ini yang populer adalah reksadana.

Investasi Jangka Panjang

Investasi ini merupakan kebalikan dari investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang termasuk dalam kategori investasi yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan hasil. Periode yang biasanya dibutuhkan terbilang panjang yaitu, bisa lebih dari lima tahun. Untuk hasil yang didapat biasanya lebih optimal namun, risiko yang diambil juga lebih tinggi.

Investasi yang Populer di Indonesia

Setelah mengetahui jenis investasi, selanjutnya mengetahui berbagai instrumen investasi yang populer di Indonesia.

Emas

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dari dahulu kala. Investasi ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki investasi jangka panjang dan tergolong aman, karena harga emas cenderung naik dan stabil.

Deposito

Salah satu jenis investasi yang biasanya dikeluarkan oleh bank. Deposito umumnya menawarkan bunga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan tabungan biasa. Selain itu deposito memiliki tanggal jatuh tempo yang bisa kamu tunjukkan di awal pembukaan rekening deposito, mulai dari satu bulan, tiga bulan, enak bulan, dua belas bulan.

Obligasi

Obligasi merupakan surat utang jangka menengah maupun panjang yang dapat dipindah tangankan. Surat utang ini berisi janji pihak penerbit untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi hutang pokok pada waktu yang telah ditentukan kepada pemegang obligasi.

Reksadana

Merupakan instrumen investasi yang populer saat ini karena reksadana merupakan wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana masyarakat bermodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi. 

Bentuk investasi ini tergolong mudah karena kamu cukup menyiapkan modal lalu dana tersebut akan dikelola manajer investasi dalam bentuk portofolio efek yang terdiri dari produk pasar uang, obligasi dan juga saham.

Saham

Instrumen investasi yang paling terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Jadi investasi saham bisa dilakukan dengan cara membeli saham suatu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek, kemudian pemegang saham dari perusahaan tersebut akan memperoleh hak atas dividen sebesar persentase saham yang dimiliki pada perusahaan tersebut.

Asuransi

Jika mendengar asuransi, mungkin yang terlewat dalam pikiran adalah proteksi. Benar asuransi selain memberikan proteksi kepada diri juga bisa memberikan proteksi ke keluarga serta aset yang dimiliki. Seperti rumah, kendaraan, gudang, kantor dan lainnya.

Asuransi pada umumnya digunakan sebagai proteksi diri dari risiko kerugian, namun kini asuransi bisa menjadi sebuah alternatif Jenis Investasi yang menjanjikan. Salah satunya manfaat investasi dalam asuransi unit link, dengan asuransi unit link yang merupakan gabungan dari asuransi dan juga investasi. Kamu bisa berinvestasi dengan membayarkan premi yang kemudian dikonversikan menjadi bentuk unit. 

Unit inilah yang dibagi menjadi dua jenis, pertama untuk membayar asuransi dan yang kedua untuk diinvestasikan. Asuransi yang umum digunakan untuk investasi jangka panjang yaitu asuransi jiwa.

Seperti Mega Signature Link yang merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi untuk memberikan perlindungan asuransi jiwa sekaligus kesempatan berinvestasi untuk persiapan kebutuhan finansial di masa mendatang. Selain itu Mega Signature Link juga memberikan manfaat loyalty bonus hingga 8% yang bisa didapatkan mulai tahun ke 6 polis. 

Baca Juga: