Tryout.id

Umat Islam Wajib Tahu! Ini Dia Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

9 Jan 2022  |  285x | Ditulis oleh : Admin
Umat Islam Wajib Tahu! Ini Dia Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

Bulan suci ramadhan setiap tahunnya pastinya akan meninggalkan kita, tidak terasa kita sudah menjalankan satu bulan penuh berpuasa dan pastinya suasana bulan Ramadhan akan selalu kita ingat. Setelah bulan Ramadhan usai, pasti akan datang bulan berikutnya yaitu Syawal. Semua orang kembali beraktivitas sebagaimana biasanya. Namun, bagi sebagian kaum Muslimin, khusus nya mereka yang sanggup beribadah tanpa terikat dengan keadaan, suasana Ramadhan masih membekas di hati mereka dan terkadang ingin terus berpuasa layaknya bulan Ramadhan.

Ramadhan yang membekas di hati seorang Muslim akan melahirkan rasa sedih ketika bulan suci Ramadhan hendak pamit. Kenikmatan ibadah di bulan Ramadhan adalah anugerah agung yang diberikan Allah subhanahu wata’ala. Karena  menjalankan puasa adalah sebagai ibadah yang paling istimewa pada bulan tersebut. Oleh karena itu, sebagian kaum muslimin yang masih merasa ingin terus menjalankan puasa akan melanjutkan puasa sunah setelah Idul Fitri, yaitu melaksanakan puasa enam hari di bulan Syawal.

Dengan melaksanakan puasa sunnah Syawal kita akan mendapatkan keutamaan berupa pahala puasa setahun penuh. Bukan itu saja, kita juga bisa mendapatkan  4 keutamaan yang kita akan dapatkan ketika melaksanakan puasa sunnah di bulan Syawal, apa sajakah itu ? berikut ulasannya;

Mendekatkan Diri kepada Allah

Manfaat puasa Syawal berikutnya ialah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Setiap muslim yang mengerjakan puasa Syawal selama enam hari, maka akan mendapat tempat mulia di sisi Allah. Selain itu, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dibandingkan dengan minyak kasturi.

Mendapatkan Pahala yang Berlipat

Manfaat puasa Syawal berikutnya ialah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Seseorang yang mengerjakan ibadah sunnah ini selama enam hari setelah hari raya maka pahala yang diterima akan berlipat ganda.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa Syawal juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan saat seseorang menahan rasa lapar selama puasa, maka akan memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang dapat menghindarkan dari infeksi.

Mencegah Gangguan Pencernaan

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, puasa juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan karena gangguan pencernaan. Pasalnya, setelah melaksanakan hari raya Idul Fitri biasanya umat muslim dapat kembali makan tiga kali dalam sehari bahkan sedikit berlebihan. Sehingga hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, puasa pada bulan syawal dapat sebagai kontrol untuk menekan porsi makan. Sehingga hal ini dapat mengendalikan transisi setelah mengonsumsi makanan dengan jumlah besar dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

Setelah mengetahui apa saja manfaat berpuasa di bulan Syawal, tentunya kita akan semakin yakin untuk menjalankan salah satu puasa sunnah 6 hari setelah bulan Ramadhan usai. 

Baca Juga: