rajabacklink

Yuk Belajar, Meski Pandemi Anak Indonesia Harus Tetap Pintar

6 Jun 2022  |  220x | Ditulis oleh : Admin
Yuk Belajar

Belajar memang tidak mengenal batasan usia dan juga waktu, buktinya saja ketika adanya pandemi kita sebagai manusia memang harus tetap belajar dengan cara apapun. Apalagi bagi mereka yang masih dalam usia sekolah atau mahasiswa, tentunya kata “Yuk Belajar” adalah kata wajib bagi mereka. Mereka yang masih bersekolah memang dituntut untuk terus semangat untuk belajar, karena sebagai calon penerus bangsa mereka wajib memiliki bekal ilmu yang nantinya bisa berguna bagi dirinya, bangsa dan negaranya.

Lalu cara pembelajaran apa saja yang efektif di masa pandemi? Berikut beberapa metode pembelajaran paling efektif yang bisa dilakukan selama pandemi.

Salah satu model pembelajaran yang dipilih adalah Project Based Learning. Model pembelajaran  project based learning berfokus pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip utama dari suatu disiplin ilmu, melibatkan siswa dalam kegiatan pemecahan masalah dan tugas-tugas bermakna lainnya, memberikan peluang siswa bekerja secara otonom mengkonstruk belajar mereka sendiri, dan puncaknya menghasilkan produk karya siswa bernilai dan realistik.

Model pembelajaran project based learning dapat menumbuhkan sikap belajar siswa yang lebih disiplin dan dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam belajar. Model pembelajaran project based learning juga memiliki potensi yang amat besar untuk membuat pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna. Selain itu, project based learning juga memfasilitasi peserta didik untuk berinvestigasi, memecahkan masalah, bersifat students centered, dan menghasilkan produk nyata berupa hasil proyek.

Pembelajaran Daring juga dipilih selama pandemi karena metode ini memanfaatkan jaringan online, dan bisa membuat para siswa kreatif menggunakan fasilitas yang ada, seperti membuat konten dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah maupun mengerjakan seluruh kegiatan belajar melalui sistem online. Metode ini sangat cocok diterapkan bagi pelajar yang berada pada kawasan zona merah. Dengan menggunakan metode full daring seperti ini, sistem pembelajaran yang disampaikan akan tetap berlangsung dan seluruh pelajar tetap berada di rumah masing-masing dalam keadaan aman.

Selanjutnya bisa juga diterapkan Pembelajaran Luring, yang merupakan singkatan dari pembelajaran di luar jaringan atau dengan istilah offline, artinya pembelajaran ini tidak lain merupakan pembelajaran konvensional yang sering digunakan oleh guru sebelum adanya pandemic covid 19 akan tetapi ada perubahan tertentu seperti jam belajarnya lebih singkat dan materinya sedikit.

Selain itu, di saat pandemi guru juga melakukan home visit. Home visit merupakan salah satu opsi pada metode pembelajaran saat pandemi ini. Metode ini mirip seperti kegiatan belajar mengajar yang disampaikan saat homeschooling. Jadi, pengajar mengadakan home visit ke rumah pelajar dalam waktu tertentu. Dengan demikian, materi yang akan diberikan kepada siswa bisa tersampaikan dengan baik, karena materi pelajaran dan tugas langsung terlaksana dengan baik di bawah bimbingan guru.

Nah! Jadi bukan alasan lagi bagi kita untuk malas belajar ya, karena banyak metode yang bisa dilakukan untuk tetap bisa belajar selama adanya pandemi. Yuk Belajar!

Baca Juga: